Share

Singapura

No comment yet



Patung Merlion merupakan ikon wisata Singapore yang tidak boleh dilewatkan saat anda berkunjung ke negara ini. Patung Merlion merupakan patung kepala singa berbadan ikan yang berada di atas ombak.

Sejarah Patung Merlion

Merlion pertama kali dirancang sebagai lambang Singapore Tourist Promotion Board (STPB) pada tahun 1964 – dan sang kepala singa berbadan ikan di atas puncak ombak ini langsung menjadi ikon Singapura bagi dunia.

Patung Merlion dirancang oleh Mr. Fraser Brunner, anggota panitia suvenir dan kurator di Van Kleef Aquarium. Kepala singanya melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M, seperti yang tercantum dalam “Sejarah Melayu”. Ekor ikan sang Merlion melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa), nama Singapura sebelum sang Pangeran menamakannya “Singapura” (berarti “Kota Singa” dalam bahasa Sansekerta) dan juga melambangkan awal Singapura yang sederhana, yaitu sebagai perkampungan nelayan.

Patung Merlion memiliki ukuran tinggi 8,6 meter dan berbobot 70 ton, dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura, almarhum Mr. Lim Nang Seng. Patung Merlion kedua yang lebih kecil, berukuran tinggi dua meter dan berbobot tiga ton, juga dibangun oleh Mr. Lim. Bagian badannya terbuat dari campuran semen, kulitnya dari pelat porselen dan matanya dari cangkir teh kecil berwarna merah.


Perdana Menteri Singapura pada waktu itu, Mr. Lee Kuan Yew, meresmikan upacara pemasangan Merlion ini pada tanggal 15 September 1972. Sebuah prasasti perunggu mengabadikan peristiwa bahagia tersebut dengan tulisan, “Merlion ini didirikan sebagai lambang untuk menyambut semua pengunjung ke Singapura.”
Saat ini, Merlion menarik lebih dari satu juta pengunjung setahun, yang datang ke Merlion Park untuk mengambil foto ikon terkenal dunia ini di rumahnya yang baru, di samping One Fullerton.

Lokasi Patung Merlion 

Merlion dan anak Merlion, “Cub”, awalnya terletak di depan Singapore River, tepat di seberang Elizabeth Walk, hanya 120 meter dari lokasinya yang sekarang. Area yang juga disebut sebagai Merlion Park ini menjadi tempat atraksi wisata yang populer, dan menjadi salah satu tempat-tempat terkenal di kota-kota besar dunia.

merlion, kepala singa, singapore, singapura, singapur, wisata singapore,

Merlion yang baru terletak bersebelahan dengan One Fullerton, sebuah taman seluas 2.500 meter persegi yang baru saja dibangun. Di One Fullerton, terdapat aneka restoran, lounge, dan klub dansa di tepi sungai.

Area ini juga memiliki sebuah tanjung dengan teras tempat duduk dan sebuah dek untuk menonton yang sanggup menampung sampai 300 orang, serta sebuah tempat pendaratan kapal sehingga pengunjung dapat turun dari taksi kapal. Dek ini memberi panorama sang Merlion yang terbaik bagi para fotografer, dengan latar belakang cakrawala kota dan Marina Bay yang indah, termasuk gedung-gedung landmark seperti The Fullerton Singapore dan Esplanade – Theatres on the Bay.

Merlion Cub terletak 28 meter di belakang sang Merlion. Dipasang pula sebuah sistem pompa untuk Merlion dan anak Merlion, sehingga dapat menyemburkan air sepanjang hari dan malam.

Cara ke Patung Merlion

Untuk pergi ke Patung Merlion, Anda dapat berjalan di tepi sungai Singapura dari Raffles Place MRT Station, ambil Exit H lalu ikuti petunjuk arah pada peta di bawah ini. Jalur merah sedikit memutar akan tetapi ada banyak pemandangan yang luar biasa disepanjang perjalanan menuju Merlion Park, untuk jalur biru adalah jalur cepat (shortcut) untuk bisa mencapai Merlion Park dengan cepat. Anda juga menggunakan peta di bawah untuk melihat jalur-jalur tersebut.

UNIVERSAL STUDIO SINGAPURA
Negara kecil yang makmur itu menawarkan segalanya, khusus kehidupan bermasyarakat yang bernuansa modern, bersih, teratur dan makmur. Selain itu semua, Singapura juga menghadirkan berbagai tempat wisata Singapura yang tidak kalah menarik dengan Negara Negara lainnya. Salah satunya adalah Universal Studios.

Universal Studios Singapore tempat wisata singapura


Dengan banyaknya promo tiket murah dengan rute Indonesia – Singapura, tak pelak membuat banyak warga Indonesia yang berkunjung dan melakukan wisata Singapura. Jika Anda sedang berlibur di Singapura, atau berniat untuk mengunjungi Singapura dalam waktu dekat, rasanya kunjungan Anda ke USS (Universal Studio Singapore) harus Anda agendakan.



Dengan fasilitas yang luar biasa serta kecanggihan teknologi di dalamnya, menjadikan USS ini sebagai pilihan wisata Singapore yang memberikan pengalaman dengan berbagai keistimewaan yang beragam. Tempat yang mempunyai lambang bola dunia raksasa di depannya ini buka pada pukul 9 pagi waktu setempat. Anda bisa masuk dan bermain sepuasnya hanya dengan membeli tiket masuk dengan Harga Rp. 450 ribu untuk tiap satu orang dewasa.



Arena dan wahana yang ada di USS meniru apa yang ada di film film yang dikeluarkan Universal Studios, antara lain :



Madagascar
Anda pasti pernah menonton film Alex si Singa dan Gloria si Kuda Nil!! Di arena ini Anda seolah olah berada di tempat yang sama dengan tempat Alex, Gloria, Marty dan Melman terdampar, yaitu suasana hutan yang tropis dengan aneka binatang unik.
Anda akan menjelajahi arena ini dengan menggunakan perahu, setiap area Anda lalui dan semakin ke dalam hutan, maka akan terasa situasi hutan yang masih alami, dengan terdengarnya suara burung dan juga suara kera yang membuat suasana tidak sepi dan sunyi.

Shrek 4D
Disini Anda akan menonton film Shrek, tetapi melalui layar besar yang berteknologi 4 dimensi, sehingga apa yang ditonton terasa begitu nyata. Anda bisa melihat putri Fiona dan Ogre yang bernama Shrek dengan tampilan yang berbeda dibandingkan dengan Anda menonton di rumah atau di bioskop sekalipun.
Dengan kacamata khusus yang disediakan, tontonan Shrek Anda akan terasa luar biasa, ditambah lagi dengan kursi yang diatur sedemikian rupa, sehingga gerakannya akan terasa secara langsung, selain itu ada beberapa kali semburan air yang menerpa tubuh Anda saat di film pun ada semburan air. Tontonan ini dijamin tidak akan pernah Anda lupakan.

Lost Word
Seperti dalam filmnya, Lost Word memberikan sebuah kesan nyata dari makhluk makhluk purba yang telah punah itu. Banyak Dinosaurus dan pemandangan yang hampir serupa dengan yang di film bisa Anda saksikan saat menaiki sebuah wahana roller coaster bernama canopy flyer.


Selain canopy flyerini, ada juga wahana lainnya seperti Jurrasic Park Rapids Adventuredan Amber Rock

Posting Komentar

Artikel Murahnya Wisata

Loading...

HOME | ABOUT

Copyright © 2013 Murahnya Wisata