Share

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT)

No comment yet


Labuan Bajo, sebuah Kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, kini mulai dikenal sejak Pulau Komodo menjadi salah satu New7 Wonders Nature. Acara tahunan Sail Komodo pun menjadi daya tarik tersendiri dalam promo primadona pariwisata.

Butuh waktu sekira sejam menggunakan jalur transportasi udara dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, untuk menuju Labuan Bajo. Sementara, untuk transportasi laut aksesnya lebih jauh, lokasi pelabuhan niaga yang tidak strategis menuju penginapan.

Anda harus mempersiapkan diri dengan pelindung sinar matahari, semisal krim tabir surya, topi, dan kacamata antisinar UV. Pasalnya, cuaca di sini lebih panas dibandingkan dengan Bali, jika sedang terik-teriknya. Namun, bisa saja tiba-tiba cuaca menjadi mendung dan Anda terpaksa harus siap membatalkan rencana menyeberang pulau-pulau terdekat dan menyelami keindahan bawah laut di Pink Beach.

Untuk peristirahatan, telah banyak penginapan dan hotel yang bisa Anda pilih. Misalkan saja sebuah hotel bernuansa alam Labuan Bajo, hanya menempuh waktu sekira 10 menit untuk menemukannya. Wilayahnya banyak dikelilingi laut sehingga beberapa penginapan memanfaatkan keindahan alam ini sebagai fasilitasnya.

Rumah-rumah penduduk yang Anda lewati masih terbilang kurang. Pepohonan pun masih bisa dilihat di sisi kiri-kanan jalan. Beberapa gedung masih dalam tahap pembangunan. Anda pun akan melewati sisi jalan yang berbukit dan hijau dengan pepohonan. Udara panas di sini sebenarnya terbayarkan dengan nuansa alam yang masih asri dan tenang, jauh dari bisingnya aktivitas di kota metropolitan.

Beberapa tempat wisata yang bisa Anda datangi, adalah Wae Cicu Beach, Pantai Pede, Bukit Cinta, dan Paradise Restaurant & Bar untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Atau, jika cuaca mendukung, menyeberanglah ke pulau-pulau kecil di sekelilingya dari  pelabuhan Labuan Bajo, yaitu Pulau Bidadari, Pulau Monyet, dan Pulau Baju. Jalur tempuh yang lebih jauh, adalah Pink Beach, dan yang tak boleh Anda lewatkan adalah Pulau Komodo, rumah bagi sang naga purba.

Suasana malam di Labuan Bajo masih terbilang suram sebab kurangnya lampu jalan dan transportasi umum yang tidak beroperasi pada malam hari. Ini masih diusahakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk memperbaiki jalur akses transportasi dan pasokan listrik serta kelangkaan air demi kenyamanan wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Posting Komentar

Artikel Murahnya Wisata

Loading...

HOME | ABOUT

Copyright © 2013 Murahnya Wisata